Sabtu, 19 Februari 2011

Parthenon (Warisan Dunia yg Dilindungi)

Siapa yg tahu tentang Parthenon ?
Parthenon adalah sebuah kuil pemujaan dari jaman Yunani Kuno. Bangunan yg mulai didirikan sekitar thun 447 SM dan selesai dibangun sekitar thun 433 SM ini terletak di Arcopolis (Yunani).
Menurut kalian siapakah yg pertama kali memiliki gagasan untuk membangun Parthenon? Pembangunan Parthenon tidak lepas dari peran Periscles, ia adalah seorang tokoh politik di Athena pada abad 5 SM. Secara keseluruhan pembangunan Parthenon diawasi oleh Phidias (seorang pematung dekorasi).Sedangatung Parthenon yg merupakan patung Dewi Yunani yg disimpan dalam bangunan tersebut. Cirkan arsiteknya adalah Iktinos dan Kallikrates.
Nama Parthenon diambil dri nama pi khas bangunan ini adalah pilar2 raksasanya yg mengelilingi Parthenon. Mereka berjumlah 46 buah tetapi itu belum termasuk pilar2 yg ada di dalam yg berfungsi sebagai penopang atap.
Salah satu hal yg membuat Parthenon ini menarik adalah banyaknya relief2 indah yg disebut Metope. Metope yg berada di bagian atas Parthenon ini menggambarkan kisah2 kepahlawanan dan mitologi.
Selain Metope, ada pula pahatan2 relief pedimental pada bidang segitiga. Letaknya diatas Metope. Relief ini juga berisi berbagai kisah mitologi. Namun sayangnya, sebagian pahatan2 ini telah hancur karena perang dan waktu.
Parthenon sempat mengalami kehancuran.Namun pemerintah Yunani berusaha kembali untuk membangun Parthenon.Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan bangunan yg merupakan warisan sejarah dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar