Sabtu, 19 Februari 2011

Aneka Coklat

Hari Valentine pasti identik dengan coklat kan??
Kalian tahu gak sih ada berapa macam coklat?
Ada banyak macamnya bukan hanya satu...

1.Coklat Bubuk
Awalnya coklat yang kita kenal hanya dalam bentuk bubuk.Orang awam pada umumnya berpendapat bahwa coklat bubuk hanya nikmat dibuat minuman coklat hangat.Tahun 1657,seorang warga Negara Perancis mendirikan kedai coklat pertama di London.Selain untuk dibuat minuman coklat bubuk biasanya digunakan untuk bahan membuat kue.

2.Coklat Batang
Dari bentuk bubuk,coklat juga disajikan dalam bentuk batang dan dikemas rapi.Dan dari semua coklat yang ada coklat jenis inilah yang paling digemari baik dari kalangan anak2 maupun dewasa.Selain karena rasanya yang lebih enak,coklat batang mudah dibawa kemana-mana dan harganya pun terjangkau.Oleh karena itu,coklat batang dikembangkan menjadi berbagai bentuk, warna,dan merek.Kira2 coklat batang seperti apa yang akan kalian berikan di hari valentine ??

3.Coklat Masak
Coklat ini sering disebut dengan cooking chocolate.Coklat ini khusus digunakan dalam membuat kue. Ada 2 macam bentuk yaitu batang dan bubuk.Jika masih dalam bentuk batang biasanya harus diparut dan dlumerkan terlebih dahulu.Rasanya ada yang agak pahit,ada juga yang manis.Warna yang dimilikinya juga bermacam-macam.Ada yang bewarna coklat,putih,kuning,pink,dll.Coklat masak ini mudah lumer ketika dimasak.

4.Coklat Dengan Sedikit Rasa Manis (Semi-Sweet Chocolate)
Coklat ini sering digunakan untuk membuat hiasan kue.Bentuknya seperti coklat batang dan rasanya agak manis.Coklat jenis ini dibuat dari campuran coklat dan gula.

5.Coklat Dengan Kadar Lemak Rendah (Low Fat Chocolate)
Ternyata ada orang kelebihan berat badan (obesitas) yang menggemari coklat.Untungnya pabrik coklat dapat membuat coklat yang kadar lemaknya rendah untuk mengatasi masalah ini.Huufft... Untungnya.!

6.Coklat Dengan Kadar Lemak Sedang (Medium Fat Chocolate)
Coklat jenis ini mengandung kadar lemak sedang.Biasanya sekitar 20% dari kandungan coklat yang ada di dalamnya.Coklat jenis ini dapat kita jumpai di pasar.

7.Coklat Putih (White Chocolate)
Coklat putih yang sering kalian temui di toko2 sebenarnya mengandung coklat,susu,dan vanilla.Unsur susu dan vanilanya lebih banyak dari coklatnya.Tapi pabrik coklat pada umumnya tetap menamainya dengan coklat putih walaupun warnanya bukan coklat lagi.

8.Coklat Dekorasi (Decorato’s Chocolate)
Coklat ini digunakan untuk menghias kue.Misalnya untuk membungkus strawberry penghias kue tart.Coklat ini terbuat dari coklat dan gula.Oleh karena itu rasanya enak dan manis.Coklat jenis ini mudah dicairkan tapi bila berada di suhu rendah cepat mengeras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar