Sabtu, 05 Februari 2011

Anjing Pekingese






Nama Lain : anjing singa, Peking, Palasthund









Anjing Pekingese berhubungan dengan keberadaan lamaist dari Buddism di Cina yang menganggap singa sebagai simbol kemuliaan atau keagungan dari Budha, kadang-kadang Pekingese mirip bentuk miniaturnya. Anjing-anjing Foo kemudian yang lahir memiliki kemiripan dengan seekor singa. Kenyataannya kemudian anjing-anjing ini terkenal sebagai anjing singa.
Selama dinasti Tang berkuasa (AD 700 sampai AD 1000) banyak anjing-anjing singa ini dipersembahkan sebagai hadiah raja oleh pelayan-pelayan khusus. Pekingese yang lebih kecil disebut sleeve dogs (anjing-anjing lengan baju) karena mereka dapat dibawa dalam lengan baju master-master Cina (pembesar Cina).
Pada tahun 1860 Kerajaan Cina dikuasai Inggris. Saat dirampas ini ada lima ekor anjing singa yang bagus yang dibawa pulang ke Inggris. Salah satu dari anjing itu dipersembahkan pada Ratu Victoria. Semua itu menyebabkan penggemar-penggemar anjing jadi tertarik untuk memeliharanya sehingga permintaan anjing ini cukup besar. Tetapi sayang perkembangannya agak lambat. Kini anjing ini dikenal sebagai anjing peliharaan dan anjing show.
Pada umumnya Pekingese merupakan anjing yang kompak dan seimbang dengan bagian depan besar dan bagian belakang lebih ringan. Anjing yang berasal dari Cina ini merupakan anjing yang mandiri, individual dan berekspresi. Imej-nya seperti singa. Anjing ini lebih terlihat pemberani daripada cantik, atau halus.
Hidung anjing Pekingese berwarna hitam, melebar, sangat pendek dan lubang hidungnya terbuka.Sedangkan mata anjing ini besar, sangat gelap, bundar, terpasang lebar. Kelihatan cantik, tidak menonjol.Moncongnya sangat pendek dan lebar dengan tulang pipi lebar dan tinggi,rahang bawahnya kuat dan lebar. Warna kulit hitam. Cambang menambah ekspresi Orientalnya.Leher yang dimiliki anjing Pekingese sangat pendek dan tebal.Dia memiliki tubuh berbentuk pear dan kompak. Dada lebar dengan tulang dada sedikit atau tidak menonjol. Anjing ini berbulu penuh, dengan bulu bagian luar panjang, tekstur kasar, lurus dan berdiri sedangkan bulu bagian dalam tebal dan lebih halus.
Pekingese memiliki temperamen yang merupakan gabungan dari kepercayaan diri, kemandirian, dan yang membuatnya tampak alami, hidup dan anjing sahabat yang penuh kasih sayang dan sangat respek.
Jika diperlombakan Pekingese seharusnya besar ketika terangkat. Anjing ini juga harus memiliki tubuh yang berotot. Tulang dari tubuh bagian depan harus sangat besar sesuai dengan ukuran tubuh. Berat badannya dibatasi sebesar 14 pounds. Jika beratnya lebih dari 14 pounds merupakan diskualifikasi. Proporsi : panjang tubuh, dari tulang dada depan segaris lurus dengan pantat, sedikit lebih besar daripada tinggi pada bagian atas tubuh.
Perawatan Anjing Pekingese :
Anjing ini memerlukan perawatan bulu yang intensif, setiap hari harus disisir agar bulu tidak kusut. Yang perlu diperhatikan, anjing ini sebisa mungkin tidak dimandikan karena struktur bulunya akan rusak. Anda bias menggunakan dry shampoo untuk membersihkan secara berkala.
Perhatikan bagian mata Karena sangat sensitive, mata anjing ini mudah copot karena posisinya yang agak keluar. Sebaiknya jangan dicampur dengan anjing lain, karena kalau bermain atau berkelahi mata Pekingese mudah luka atau copot.

3 komentar:

  1. Bisa di bilang anjing ini cerdas.
    Dulu aku sempet punya tapi hilang.
    Hiks,Hiks... :(
    Jadi terkenang.

    BalasHapus